SITUS RESMI STIT YPI LAHAT www.stiypilahat.ac.id STIT YPI LAHAT berdiri sejak 15 Mei 1986 Alamat : Jl. Letnan Munandar Talang Kapuk Telepon (0731) 321476 Fax (0731) 321476 Kode Pos 31415 SITUS RESMI STIT YPI LAHAT www.stiypilahat.ac.id :

Kamis, 08 Desember 2016

Simpan Data Kuliah Dengan Google Drive

Drive. Google tidak henti-hentinya menyediakan layanan Produk kepada masyarakat dunia salah satu diantaranya adalah fasilitas penyimpanan data yang terintegrasi dengan akun email dengan kapasitas penyimpanan maksimal 15 Gb. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang telah memiliki akun email dan bersifat terintegrasi (satu akun untuk berbagai layanan). Bagi kalangan pendidikan hadirnya Google Drive cukup membantu untuk mengurai permasalahan penyimpanan, pemeliharaan, dan efisiensi waktu untuk mengelola file atau folder penting tanpa harus membawa alat elektronik tambahan lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat Google Drive untuk mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan atau berbagai macam keperluan kuliah yang berkaitan dengan perlunya alat penyimpanan data agar suatu saat dibutuhkan data tersebut dapat kita buka kembali. Disisi lain sebenarnya kita atau kalangan mahasiswa sudah terbiasa menyimpan data pada perangkat elektronik masing-masing namun tidak ada salahnya jika data tersebut kita salin ulang ke media penyimpanan online apabila kondisi kita sedang mendesak atau akibat kealfaan  kita lupa membawa alat penyimpanan/perangkat elektronik fasilitas Google Drive dapat kita fungsikan dengan catatan kita memiliki akses jaringan internet.

Pada Google Drive dapat kita simpan beberapa jenis dokumen seperti file doc, spreadsheet, power point, PDF, dan lainnya. Kapasistas upload yang super cepat, keakuratan penyimpanan, serta terhindarnya dari pengaruh virus ini bagian penting yang perlu kita manfaatkan dengan baik namun sesi lain yang juga perlu diketahui bahwa proses mengupload file atau folder dipengaruhi pula oleh kecepatan ISP masing-masing pengguna.

Cara menggunakan, para mahasiswa cukup login ke akun email masing-masing, kemudian klik Aplikasi Google, berikutnya klik icon Drive. Setelah itu kita akan diarahkan ke menu My Drive, Share With Me, New. Pada menu New dapat langsung kita upload file satu persatu dan atau dapat langsung upload sekaligus dengan memilih menu Folder. Artinya semua file yang berhubungan dengan kegiatan perkuliah sudah terupload ke akun email dalam hal ini pada Drive. Simpan makalah, tugas, laporan, atau draf skripsi disana dengan aman tanpa perlu takut terserang virus. Setelah kita selesai mengupload file atau folder ke Drive tadi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, pertama, biasakan ganti password email setiap satu bulan sekali atau periode tertentu yang menurut Anda perlunya mengganti password email. Mengapa hal ini harus di lakukan karena setiap Anda login dengan email Google Drive juga aktif. Intinya pastikana keamanan data Anda pada password jangan sampai diketahui oleh orang lain apalagi sampai lupa password.

By Admin