SITUS RESMI STIT YPI LAHAT www.stiypilahat.ac.id STIT YPI LAHAT berdiri sejak 15 Mei 1986 Alamat : Jl. Letnan Munandar Talang Kapuk Telepon (0731) 321476 Fax (0731) 321476 Kode Pos 31415 SITUS RESMI STIT YPI LAHAT www.stiypilahat.ac.id :

Minggu, 22 Januari 2017

Laboratorium Komputer Sebagai Penunjang Proses Pendidikan


Kita dapat memanfaatkan ruang laboratorium komputer untuk menunjang proses pendidikan. Namun tidak berarti semua jenjang pendidikan memungkinkan semua proses pendidiknya dilaksanakan seratus persen atau penuh dalam ruangan tersebut akan tetapi ada beberapa topik saja yang sekiranya dapat disampaikan kepada peserta didik sesuai dengan tuntutan zaman sekarang bahwa para pendidik senantiasa memiliki wawasan dan pengetahuan tentang teknologi informasi sebagai instrumen penting untuk mengimbangi para peserta didik yang sedang bertatap muka langsung dengan kita pada disiplin ilmu tertentu sesuai jenjang yang kita ampuh.

Pada laboratorium komputer tidak hanya berfokus pada kegiatan belajar tentang ilmu komputer akan tetapi berbagai macam disiplin ilmu juga dapat kita integrasikan ke perangkat komputer. Pada umumnya kalangan pendidik telah banyak memanfaatkan komputer untuk keperluan proses pendidikan. Misalnya memaparkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Powert Point, Word, dan Excel. Berjalan waktu peran komputer telah begitu besar sehingga telah banyak terobosan dibidang pendidikan yang berkonsentrasi pada penggunaan komputer untuk proses evaluasi. Terhitung tahun 2015/2016 di jenjang SMA/SMK telah lebih dari 5 ribu sekolah yang memanfaatkan ruang laboratorium komputer untuk proses evaluasi pendidikan secara nasional. Ini membuktikan bahwa laboratorium komputer dapat menetapkan suatu proses dan hasil dengan sistem, prosedur, dan teknis lainnya secara sejajar dan serentak demi terwujudnya hasil pendidikan yang lebih baik untuk pelaksanaan evaluasi.

Disisi lain mengapa ruang komputer menjadi hal penting untuk disediakan atau suatu syarat yang menjadi ukuran suatu lembaga pendidikan karena dari ruang laboratorium komputer ini akan membuka peluang yang lebih luas untuk kemajuan, dukungan, dan perimbangan lembaga pendidikan dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan yang fasilitasi oleh teknologi informasi. Dari sini dapat dikombinasikan antara komputer dan jaringan internet, aplikasi, dan berbagai sumber daya lain yang saling berkaitan sehingga tersedianya akses data yang luas untuk keperluan berbagai bidang pendidikan. Hasil penelitian, keputusan penting tentang pendidikan, dan berbagai macam arah kebijakan pendidikan sudah hampir semuanya disampaikan dalam jaringan (daring) kurang lebih seperti itu lah gambarannya sekarang. Misalnya dari website lembaga pendidikan dapat kita temukan berbagai data dan informasi pendidikan. Bahkan data pendidikan yang lama sekalipun masih dapat kita akses. Hasil-hasil tersebut kita simpan, temukan, dan kendalikan di laboratorium komputer dengan demikian kita dapat merancang kebutuhan pembangunan pendidikan yang terintegrasi dalam laboratorium komputer dengan metode data ke belakang dan analisis data ke depan. Dalam teknologi informasi jarak dan waktu serta keberadaan pada prinsipnya sama apabila proses pertukaran data informasi dapat dilakukan. Mesin tidak mengenal organisasi ini besar jadi komunikasi datanya cepat, apabila organisasi kecil komunikasinya lambat. Tidak demikian akan tetapi intinya tersedia sistem dan dapat dikenali oleh perangkat teknologi sebab mesin bekerja sesuai instruksi dan tidak mengenal perasaan hati. Artinya berada di wilayah kecil sekali pun jika dukungan infrastruktur teknologi informasinya ada maka hasil dan proses yang dijalanakn akan sama dengan tujuan sistem informasi tersebut diciptakan. Hanya saja beberapa kendala pasti dihadapi dan itu bagian yang tidak dapat dipisahkan sebab apa pun alasannya laboratorium komputer dipengaruhi oleh kondisi geografis dimana ia berada.

STIT YPI LAHAT terkait dengan infrastruktur laboratorium komputer pada saat ini telah memiliki ruang laboratorium komputer yang difungsikan untuk keperluan sekolah tinggi, mahasiswa, dosen, dan kegiatan kampus selama proses pendidikan. Para mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sesuai dengan jadwal penggunaan dan mata kuliah yang mereka tempuh. Artinya komponen sarana prasarana tersebut suatu kekuatan bagi sekolah tinggi ilmu tarbiyah Lahat dalam menyiapkan para sarjana yang tidak hanya memiliki ilmu agama islam akan tetapi pengetahuan dibidang teknologi informasi.

Disamping itu juga kami akan terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan dari segi infrastruktur ini secara berkesinambungan untuk menjamin kualitas alumni kami ke depan. Amin

By Admin