Kita dapat memanfaatkan ruang
laboratorium komputer untuk menunjang proses pendidikan. Namun tidak berarti
semua jenjang pendidikan memungkinkan semua proses pendidiknya dilaksanakan
seratus persen atau penuh dalam ruangan tersebut akan tetapi ada beberapa topik
saja yang sekiranya dapat disampaikan kepada peserta didik sesuai dengan
tuntutan zaman sekarang bahwa para pendidik senantiasa memiliki wawasan dan
pengetahuan tentang teknologi informasi sebagai instrumen penting untuk
mengimbangi para peserta didik yang sedang bertatap muka langsung dengan kita
pada disiplin ilmu tertentu sesuai jenjang yang kita ampuh.
Pada
laboratorium komputer tidak hanya berfokus pada kegiatan belajar tentang ilmu
komputer akan tetapi berbagai macam disiplin ilmu juga dapat kita integrasikan
ke perangkat komputer. Pada umumnya kalangan pendidik telah banyak memanfaatkan
komputer untuk keperluan proses pendidikan. Misalnya memaparkan bahan ajar
dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Powert Point, Word, dan Excel. Berjalan
waktu peran komputer telah begitu besar sehingga telah banyak terobosan
dibidang pendidikan yang berkonsentrasi pada penggunaan komputer untuk proses
evaluasi. Terhitung tahun 2015/2016 di jenjang SMA/SMK telah lebih dari 5 ribu
sekolah yang memanfaatkan ruang laboratorium komputer untuk proses evaluasi
pendidikan secara nasional. Ini membuktikan bahwa laboratorium komputer dapat
menetapkan suatu proses dan hasil dengan sistem, prosedur, dan teknis lainnya
secara sejajar dan serentak demi terwujudnya hasil pendidikan yang lebih baik
untuk pelaksanaan evaluasi.
Disisi
lain mengapa ruang komputer menjadi hal penting untuk disediakan atau suatu
syarat yang menjadi ukuran suatu lembaga pendidikan karena dari ruang laboratorium komputer
ini akan membuka peluang yang lebih luas untuk kemajuan, dukungan, dan
perimbangan lembaga pendidikan dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan
yang fasilitasi oleh teknologi informasi. Dari sini dapat dikombinasikan antara
komputer dan jaringan internet, aplikasi, dan berbagai sumber daya lain yang
saling berkaitan sehingga tersedianya akses data yang luas untuk keperluan
berbagai bidang pendidikan. Hasil penelitian, keputusan penting tentang
pendidikan, dan berbagai macam arah kebijakan pendidikan sudah hampir semuanya disampaikan dalam jaringan (daring) kurang lebih seperti itu lah gambarannya
sekarang. Misalnya dari website lembaga pendidikan dapat kita temukan berbagai data
dan informasi pendidikan. Bahkan data pendidikan yang lama sekalipun
masih dapat kita akses. Hasil-hasil tersebut kita simpan, temukan, dan
kendalikan di laboratorium komputer dengan demikian kita dapat merancang
kebutuhan pembangunan pendidikan yang terintegrasi dalam laboratorium komputer
dengan metode data ke belakang dan analisis data ke depan. Dalam teknologi informasi jarak dan waktu serta keberadaan pada prinsipnya sama apabila proses pertukaran data informasi dapat dilakukan. Mesin tidak mengenal organisasi ini besar jadi komunikasi datanya cepat, apabila organisasi kecil komunikasinya lambat. Tidak demikian akan tetapi intinya tersedia sistem dan dapat dikenali oleh perangkat teknologi sebab mesin bekerja sesuai instruksi dan tidak mengenal perasaan hati. Artinya berada di wilayah kecil sekali pun jika dukungan infrastruktur teknologi informasinya ada maka hasil dan proses yang dijalanakn akan sama dengan tujuan sistem informasi tersebut diciptakan. Hanya saja beberapa kendala pasti dihadapi dan itu bagian yang tidak dapat dipisahkan sebab apa pun alasannya laboratorium komputer dipengaruhi oleh kondisi geografis dimana ia berada.
STIT
YPI LAHAT terkait dengan infrastruktur laboratorium komputer pada saat ini
telah memiliki ruang laboratorium komputer yang difungsikan untuk keperluan
sekolah tinggi, mahasiswa, dosen, dan kegiatan kampus selama proses pendidikan.
Para mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sesuai dengan jadwal
penggunaan dan mata kuliah yang mereka tempuh. Artinya komponen sarana
prasarana tersebut suatu kekuatan bagi sekolah tinggi ilmu tarbiyah Lahat dalam
menyiapkan para sarjana yang tidak hanya memiliki ilmu agama islam akan tetapi
pengetahuan dibidang teknologi informasi.
Disamping
itu juga kami akan terus berupaya meningkatkan layanan pendidikan dari segi
infrastruktur ini secara berkesinambungan untuk menjamin kualitas alumni kami
ke depan. Amin
By Admin